TEACHER PERCEPTIONS IN IMPLEMENTING THE CONCEPT OF INDEPENDENT LEARNING EDUCATION

Authors

  • syahida az zahra manajemen pendidikan islam, universitas islam negeri sumatra utara
  • Budi Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Agus Salim Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Zakiyah Darajah Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Tuah Akbar Daulay Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Nazla Khairunnisa Damanik Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Keywords:

Independent Learning Education, teacher perceptions, freedom to learn

Abstract

 

Pendidikan Merdeka Belajar (PMB) merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan yang mengedepankan kemandirian dan kebebasan belajar bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi kepala sekolah terhadap penerapan konsep PMB di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam kepada kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapan kurikulum Merdeka di SMP Swasta Baitul Aziz, (2) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi kurikulum Merdeka bagi siswa dalam belajar. SMP Swasta Baitul Aziz, (3) menjelaskan bagaimana perubahan kurikulum Merdeka di SMP Swasta Baitul Aziz mempengaruhi, (4) menjelaskan peran orang tua dalam kurikulum Merdeka di SMP Swasta Baitul Aziz. Subyek dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah sebagai penunjang pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, kemudian peran guru pada Kurikulum Merdeka sebagai arsitek pembelajaran yang inovatif dan fokus pada pengembangan karakter, kreativitas dan kemandirian siswa. Dan siswa sebagai mata pelajaran dalam kurikulum Merdeka bersifat berpusat pada siswa, Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai minat dan bakatnya bersama-sama dengan guru sebagai arsitek pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa tantangan utama yang dihadapi sekolah yang belum menggunakan KMB antara lain kurangnya pemahaman konsep dan prinsip KMB, keterbatasan sumber daya dan infrastruktur, penolakan terhadap perubahan, dan ketidakpastian terkait peran guru dan siswa. dalam pembelajaran yang lebih mandiri. Maka implikasi temuan tersebut terhadap kebijakan pendidikan dan praktik manajemen sekolah dibahas dalam penelitian ini, beserta rekomendasi untuk memperkuat dukungan bagi sekolah yang sedang dalam proses transisi menuju KMB.

References

Abd Rahim, & Yosep Heristyo Endro Baruno. (2024). Teacher Perceptions in Implementing the Concept of Independent Learning Education. Journal of Management Education, 1-7.

Krisma Natalia, & Niwayan Sukraini. (2021, 05 18). Approach to the Concept of "Freedom to Learn" in Digital Era Education. Digitalization of Primary School Education, pp. 22-34.

Muhammad Yamin, & Syahrir. (nd). Development of Independent Learning Education (Learning Method Study).

Safitri, D. (2019). Become a Professional Teacher. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Salman Hudri, & Khotibul Umam. (2022). Concept and Implementation of Freedom of Learning in Islamic Religious Education Learning Evaluation. Journal of Islamic Studies, 51-59.

Sri Santoso Sabarini, Hanik Liskustyawati, Sunardi, Budhi Satyawan, Djoko Nugroho, & Baskoro Nugroho Putra. (nd). Perceptions and Academic Experiences of Sports Lecturers Implementing E-Learning During the Covid 19 Pandemic.

Widyastuti, A. (2022). Freedom to Learn and Its Implementation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

syahida az zahra, Budi, Agus Salim Hasibuan, Zakiyah Darajah, Tuah Akbar Daulay, & Nazla Khairunnisa Damanik. (2024). TEACHER PERCEPTIONS IN IMPLEMENTING THE CONCEPT OF INDEPENDENT LEARNING EDUCATION. Journal of Educational Science Learning and Research, 2(1), 63–74. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/JournalESLR/article/view/307