THE INFLUENCE OF LIBRARIAN COMMUNICATION STYLE ON LIBRARY PATRONS' VISITING INTEREST IN THE SCHOOL LIBRARY MAN 2 DELI SERDANG

Authors

  • Ainun Hidayasha North Sumatra State Islamic University
  • Audia Amanda Tarigan North Sumatra State Islamic University
  • Mawaddah Tun’nisa North Sumatra State Islamic University
  • Muhammad Khalid Pay Hasibuan North Sumatra State Islamic University
  • Zulfikar Lubis North Sumatra State Islamic University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pustakawan terhadap minat berkunjung siswa SMP di kota Deli Sedang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Man 2 Deli Serdang dengan populasi 1.305 siswa. Sampel terdiri dari 1.305 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana terhadap 1.305 kuesioner yang telah diisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara komunikasi pustakawan dengan minat mahasiswa mengunjungi Man 2 Model Deli Serdang. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari 1.305 pengguna di tiga perpustakaan sekolah yang berbeda. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi pustakawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berkunjung pemustaka. Secara khusus, gaya komunikasi pustakawan yang ramah, informatif, dan responsif berpengaruh positif terhadap minat pengunjung perpustakaan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pelatihan pustakawan dalam meningkatkan kemampuan komunikasinya untuk meningkatkan minat berkunjung ke perpustakaan sekolah. Temuan ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan program pelatihan dan menerapkan praktik komunikasi yang efektif di perpustakaan sekolah.

References

Anggi Ramadani. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Indah Logistik Pekanbaru. Skripsi, 26.

Angraini Zulfa. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Kunjung Maasyarakat ke Perpustakaan. Skripsi, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin, 11.

Arumi Amelia. (2020). Minat Kunjung Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sarolangun. Skripsi, Jambi Universitas Negeri Sultan Thaha Saifuddin.

Bayu Widya Hastoro, & Sri Rumani. (2016). Pengaruh Ketersediaan Buku Fiksi Terhadap Minat Kunjung Siswa Pada Perpustakaan SMK Muhammadiyah Gamping Yokyakarta.

Dr. Ir. Ratu Mutialela Caropeoka, M. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Efendy, & Onong Uchjana. (2016). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eko Sugiarto. (2018). Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif: Skripsi dan Tesis . Yokyakarta: Suaka Media.

Febriani, & Yusni. (2015). Minat Kunjung Dosen ke UPR Perpustakaan Universitas Islam Negeri Fatah Palemang. Skripsi.

Hafied Canggara. (2012). Pengantar Komunikasi. Bandung: Buana Press.

Haspir. (2015). Pengaruh Layanan Perpustakaan Terhadap Minat kunjung Pemustaka di Perpustakaan STIKES Mega Rizki Makasar. Informasi dan Kearsipan Khazanah AL- Hikmah.

I, B. (2012). Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Sekolah. Jurnal Iqra, 06 No 01, 4.

Ikhwana A (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Bandung: Al-Hayat

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Ainun Hidayasha, Audia Amanda Tarigan, Mawaddah Tun’nisa, Muhammad Khalid Pay Hasibuan, & Zulfikar Lubis. (2024). THE INFLUENCE OF LIBRARIAN COMMUNICATION STYLE ON LIBRARY PATRONS’ VISITING INTEREST IN THE SCHOOL LIBRARY MAN 2 DELI SERDANG. Journal of Quality Islamic Education Research, 1(2), 293–304. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/journalqier/article/view/288

Issue

Section

Articles