PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAS CERDAS MURNI JLN. BRINGIN PASAR VI TEMBUNG

Authors

  • Sri Wahyuni Putri North Sumatra State Islamic University
  • Lailan Fadila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Cindi Amelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Shabrina Hanifati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sakinah Amaliyah Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui (1) kegiatan ekstrakurikuler, (2) keterlibatan komite sekolah berdasarkan perannya yaitu:  (a) pemberi petimbangan (advisory agency), (b) pendukung (supporting agency), (c) pengontrol (controlling agency), dan (d) penghubung (mediator agency). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Cerdas Murni. Subjek dalam penelitian  ini yaitu kepala sekolah, ketua komite sekolah, anggota komite sekolah, koordinator ekstrakurikuler dan pembina ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pengembangan dokumen. Hasil dari penelitian yang di lakukan menjelaskan bahwasannya partisipasi komite sekolah dapat di katakan baik, karena peneliti dapat melihat bagaimana keterlibatan antara komite sekolah terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang akan di rencanakan begitu juga bagaimana dukungan komite sekolah terhadap sarana dan prasarana serta  layanan pada kegiatan ekstrakurikuler, keikut sertaan komite sekolah terhadap berlangsungnya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baik bersifat lomba, pentas seni serta kegiatan di luar sekolah, seperti kemah persami.

References

Djama’an satori. Metodologi Penelitian Kualtatif. Bandung: Bandng: Alfabeta, 2010.

Fatik Lutviana, Fattah Hanurawan, and Syamaul Hadi. “Partisipasi Komite Sekolah Pada Kegiatan Ekstrakurikuler” vol.3 no.5 (2018).

John W. Creswell. Qualitative Inquiry and Reseach Design. Inc. california, 1998.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Nico setiawan. “Partisipasi Komite Sekola Dalam Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sd Negeri Se Kecamatan Muntilan,” 2012.

Racmat Subarkah, Bigar, and sri. “Pengelolaan Kegitan Ekstrakurikuler Di Sd Muhammadiyah Kaliabu Kecamatn Salaman.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan 1 no. 1 (2023).

Rukajat, A. Manajemen Pembelajaran. Deepublish, 2018.

syamsul bahri. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya” 11 no 1 (2011): 15–34.

Wafroturrohmah, E. S. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 13, No. 2, 139-155, 2018.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Sri Wahyuni Putri, Lailan Fadila, Cindi Amelia, Shabrina Hanifati, & Sakinah Amaliyah Dalimunthe. (2024). PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAS CERDAS MURNI JLN. BRINGIN PASAR VI TEMBUNG. Jurnal Deflasi, 2(1), 180–188. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/deflasi/article/view/338

Issue

Section

Articles