ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MODEL SERVQUAL DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN

Authors

  • Adhli Maulana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Intan Nuraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rama Oktapianingsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Erfiani Lbs Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd Ardiansyah Putra Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan dengan Model Servqual dalam Meningkatkan Kunjungan Perpustakaan di MIN 4 Kota Medan”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan dengan model Servqual dalam meningkatkan kunjungan di MIN 4 Kota Medan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan Ibu Kepala bidang Kurikukum, Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, Verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triang waktuulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan perpustakaan dengan model Servqual dalam meningkatkan kunjungan Perpustakaan di MIN 4 Kota Medan telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kunjungan ke perpustakaan. Dalam penelitian yang dilakukan di Perpustakaan MIN 4 Kota Medan menunjukkan bahwa penggunaan metode Servqual dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kunjungan ke perpustakaan. Servqual, sebagai metode pengukuran kualitas layanan, memungkinkan perpustakaan untuk memahami apa yang diharapkan oleh pengguna dan menyesuaikan layanan dengan harapan tersebut. Dengan demikian, perpustakaan dapat meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kepuasan pengguna, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kunjungan ke perpustakaan. 

References

Arfika, V. (2022). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Teuku Umar Dengan Menggunakan Metode Servqual (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora).

Dharma, N. O. (2013). Hubungan antara kualitas layanan perpustakaan Undiksha dan kepuasan penggunanya. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2).

Khaerah, U. (2020). Analisis kemampuan sosial pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar. Jupiter, 17(1), 73-89.

Matulada, M. A., & Heluth, S. O. S. (2023). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Dipa Makassar Menggunakan Metode Servqual.

Nurpalah, Z., & Sinaga, D. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 66-72.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of marketing, 52(1), 43-56.

Rahmawati, H. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Menggunakan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar.

Restuti, S. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan (LibQual+ TM Method) Pada Perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau Pekanbaru. PEKBIS, 5(3), 202-211.

Rohman, A. S. (2020). Pengukuran kualitas layanan perpustakaan: Studi pada perpustakaan STIE Ekuitas Bandung. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 3(1), 17-36.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Maulana, A., Nuraini, I., Oktapianingsi , R., Lbs, E., & Putra Lubis, M. A. (2024). ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MODEL SERVQUAL DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN. Jurnal Deflasi, 2(1), 202–212. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/deflasi/article/view/261

Issue

Section

Articles