DESAIN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMK TRITECH INFORMATIKA

Authors

  • Salwa Sabila Damanik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anisah Aruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azra Humaira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Syah Mahathir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fatin Syahirah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini fokus pada pengembangan desain perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di SMK Tritech Informatika. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan desain perpustakaan ini adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam membaca dan menggali literatur. Diharapkan desain ini mampu memicu minat baca siswa, memperluas cakupan pengetahuan mereka, dan meningkatkan keterampilan literasi. Melalui penelitian ini, diharapkan akan lahir kontribusi signifikan dalam mengembangkan model perpustakaan sekolah yang menjadi pusat promosi budaya literasi dan pembelajaran yang interaktif di SMK Tritech Informatika.

References

Adjie, M. Dwi. “Pengaruh Desain Interior Perpustakaan terhadap Pembentukan Citra Positif Perpustakaan”.EduLib, Vol. 1 No.1 (2011):

Ariyanti, Novarikha., Rengu, S. Pani.Hermintatik, “Peran Desain Interior Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi pada Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang)”.Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 3, No. 11 (2015):

Artana I Ketut , “Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak”, Acarya Pustaka, Vol. 2 No. 1 (2016),

Hartiatin, Febi., Sumule, Marsia., Fachruddin, Sutiyana. “Analisis Desain Interior Ruang Baca pada Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Konawe dalam Mengembangkan Minat Baca Anak,” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO. Vol. 1 No. 2 (2016).

Kuntarto, E., & Sari, N. (2017). Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2),

Mansyur H M, “Manajemen Perpustakaan Sekolah”, PUSTAKALOKA: Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2003,

Puspita, I. Ajeng., Jumino, “Pengaruh Desain Interior Terhadap Minat Kunjung di UPT Perpustakaan Dian Nuswantoro Semarang”, Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 3, No. 2 (2014):

Sudiana Nyoman, “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocaridan Puding”, Journal of Education Action Research, Vol. 4 No. 1 (2020),

Sumadi, Rudi. “Peranan Desain Interior Perpustakaan bagi Pemustaka di Perpustakaan P3DSPBKP.” Jurnal Pari, Vol. 2 No. 1 (2016): 25-30.

Syam Rifqi Zaeni Achmad et al., “Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Informasi Guru dalam Meningkatkan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Informasi Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah”, PUSTABIBLIA Journal of Library and Information Science · June 2021 DOI:, No. June (2021),

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Damanik, S. S., Anisah Aruan, Azra Humaira, M. Syah Mahathir, & Fatin Syahirah. (2024). DESAIN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMK TRITECH INFORMATIKA. Jurnal Deflasi, 2(1), 223–233. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/deflasi/article/view/247

Issue

Section

Articles