PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SAAT PANDEMI KHUSUSNYA DI MI/SD

Authors

  • Nurmaliana Sari Siregar Poltek AMI Medan
  • Feny Adelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Indri Fransiska Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurlia Setiawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Keywords:

Problematika, Pembelajaran, Daring

Abstract

Observasi ini mempunyai tujuan untuk memahami masalah dalam proses kegiatan belajar mengajar secara online di tingkat SD/MI dimasa pandemic Covid-19. Problematika pembelajaran daring adalah semua permasalahan yang dapat membatasi, menghalangi, menyulitkan, serta dapat mendatangkan ketidakberhasilan dalam mencapai tujuan belajar mengajar secara online atau jarak jauh. Hasil observasi ini memperlihatkan bahwa terdapat problematika dalam kegiatan belajar mengajar secara online selama pandemic yang timbul dari orangtua, guru dan siswa. Masalah yang timbul dalam kegiatan belajar mengajar secara online yaitu berupa sarana pendukung yang tidak memadai, sinyal yang lambat, pengetahuan teknologi yang sangat minim, siswa masih   suka bermain-main, susah untuk saling aktif (interactive), serta perolehan tujuan pembelajaran tidak sesuai yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Anggelea. (2022). “Peran Guru Sebagai Agen Pembelajaran IPS dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural di MTS N 3 MALANG”. Program Studi Pendidikan IPS Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

A.V.S. Hubeis. (2010). Perilaku Masyarakat dalam Pemanfataan Information and Comunication Technology dalam Mendukung Pengembangan Masyarakat Global, Vol 08 No 224-35.

Fauzatul Ma’rufah. 2019. Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jawa Timur: UNIPA Press .

Mifbakhuddin. (2011). Pendidikan Multikultural pada Pendidikan Bangsa dan Budaya. Vol 1 No 2. 104-111.

https://www.indonesiastudents.com/pengertian-multikulturalisme-menurut-para-ahli.

https://www.google.com/search?q=materi+pertemuan+2+pgm+pengantar+kajian+masyarakat+global&aqs=chrome..69i57.635j0j7&sourceid=chrome&ie=utf-8#12.

Downloads

Published

2022-08-07

How to Cite

Nurmaliana Sari Siregar, Feny Adelia, Indri Fransiska, & Nurlia Setiawati. (2022). PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SAAT PANDEMI KHUSUSNYA DI MI/SD. Jurnal Bakti Sosial, 1(1), 29–38. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/baktisosial/article/view/5

Issue

Section

Articles