STUDI KASUS PENERAPAN ALGORITMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Authors

  • Hikma Fadhila Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Kemajuan inovatif yang cepat saat ini membuatnya sangat mudah bagi kami untuk menangani berbagai masalah. Salah satu perangkat yang digunakan untuk menangani masalah tersebut adalah PC atau komputer. Bagaimana PC bisa menangani masalah kita? Karena tentunya PC tidak bisa bekerja secara alami tanpa ada yang menggerakkan dan mengisi PC tersebut. Cara penggunaan PC cenderung digunakan untuk menangani masalah dengan perhitungan dan bahasa pemrograman. Masalah itu bisa kita atasi dengan mengikuti langkah- langkah teratur membuat program yang berisi perhitungan di dalamnya. Perhitungan adalah premis rekayasa perangkat lunak yang berkonsentrasi pada metode yang paling mahir untuk mengatasi masalah dengan memiliki pilihan untuk mencari dan menggunakan dialek pemrograman. Setiap masalah yang diselesaikan menggunakan PC harus menggunakan perhitungan sebagai bahasa pemrograman. Alat-alat ini dapat dibuat dengan dokumentasi apa pun asalkan sederhana karena tidak ada dokumentasi standar yang direkam sebagai bahasa pemrograman hard copy. Setiap orang dapat membuat dan memuat bahasa pemrograman sendiri, namun agar bahasa pemrograman tersebut dapat diuraikan, ada baiknya jika bahasa pemrograman yang digunakan adalah melalui dokumentasi pemrograman secara keseluruhan. Standar untuk membuat perhitungan adalah memiliki judul, referensi kata, dan perhitungan yang sebenarnya. Ada 3 cara umum yang dikenal untuk menunjukkan dialek pemrograman, yaitu kalimat khusus yang jelas, diagram alur, dan penggunaan program Pascal (pseudocode).

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. A. Prapto, and M. Purwaningsih, “Pengembangan Aplikasi Dokumen Manajemen untuk Departemen Pemerintahan,” Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008), pp. 82-87, 2008

H. T. Sa’diah, “Implementasi Algoritma Knuth-Morris-Pratt pada Fungsi Pencarian Judul Tugas Akhir Repository”, Jurnal Komputasi, vol. 14, no. 1, pp. 1-9, 2017.

J. I. E. B. M. a. E. B. Sinaga, "Aplikasi Mobile Pencarian Kata Pada Arti Ayat Al-Qur’an Berbasis Android Menggunakan Algoritma String Matching," Vol. 2 No. 2 Juni 2016, 2016.

K. W. Argakusumah and S. Hansun, "Implementasi Algoritma Boyer-Moore pada Aplikasi Kamus Kedokteran Berbasis Android," 2014.

Maulana, Imam dan Normalisa,“Algoritma Knuth-Morris-Pratt pada Fungsi Pencarian Dokumen untuk Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Website”. International Journal of Artificial Intelligence, vol 6, 2019.

M. Rossaria, B. Susilo, and Ernawati, “Implementasi Algoritma Pencocokan String Knuth_Morris-Pratt dalam Aplikasi Pencarian Dokumen Digital Berbasis Android”, Jurnal Rekursif, vol. 3, no. 2, pp. 183-195, 2015.

Rahayu, Woro Isti dan Ajis Trigunawan, “Aplikasi Verifikasi Kepulangan Warga Binaan Pemasyarakatan Menggunakan Algoritma Knuth Morris Pratt”. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 13, No. 1, 2021.

Sahyar, 2016.”Algoritma & Pemprograman Menggunakan Matlab (Matrix Laboratory)”.Jakarta: Kencana.

Sitorus, Lamhot. (D. A. Prapto, 2008)2015. “Algoritma Dan Pemprograman”.Yogyakarta : Andi,anggota IKAP.

Tukino, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Pengaksessan Dokumen Perakitan PCBA,” di PT Surya Teknologi Batam Berbasis Web, TEKNOSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 67-84, 2016.

Andiany, Fairuz Eka, and Wiwin Hadikurniawati. 2018. “Terpendek Antar Kantor Dan Estimasi Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan ( Studi Kasus Pt . Telkom Indonesia Regional IV Jateng- DIY).” Sendi_U 978–79.

Hanafiah, Yusrin, Rambu Yetti Kalaway, and Raynesta M. Indri Malo. 2022. “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Konsumen ( Studi Kasus : Aulia Mart ).” 1(November):1–11.

Hasibuan, Achmad Tarmizi., Mila Rosdiana. Sianipar, Atary Desty. Ramadhani, Fika Widya. Putri, and Nadya Zain Ritonga. 2022. “Konsep Dan Karakteristik Penelitian Kualitatif Serta Perbedaannya Dengan Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):8686–92.

Muharrom, Muhammad. 2020. “Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Penentuan Jalur Terpendek Studi Kasus Jarak Tempat Kuliah Terdekat.” Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI) 3(1):25. doi: 10.21927/ijubi.v3i1.1229.

Saragih, Novita Sari. 2023. “Penerapan Algoritma Boruvka Pada Jaringan Listrik ( Studi Kasus Pada Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba ).” 2(2):284–92.

Sintia, Silvi, Syahputra Saragih, Anjar Wanto, Irfan Sudahri Damanik, Sekolah Tinggi, Ilmu Komputer, Tunas Bangsa, Indonesia Jalan Jend, and Sudirman Blok. 2019. “Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) Penerapan Algoritma Apriori Dalam Memprediksi Hasil Penjualan Sparepart PC (Studi Kasus : Toko Sentra Computer).” (September):910–17.

Sintia, Sindy, Muhammad Yusuf Siregar, and Pendidikan Islam. 2022. “Al Itihadu Jurnal Pendidikan.” 1(1).

Wattimena, Abraham Zacaria, and Sandro Lawalata. 2013. “Aplikasi Algoritma Kruskal Dalam PPanjang PIPA Kruskal Algorithm Application on Optimlaizing Jurnal Barekeng

Downloads

Published

11/11/2023

How to Cite

Hikma Fadhila Yahfizham. (2023). STUDI KASUS PENERAPAN ALGORITMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Al Ittihadu, 2(2), 214–226. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/view/92

Issue

Section

Articles