KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS 4 MIS KHOLIJAH MUKHTAR II

Authors

  • Dina Mauliya STIT Batu Bara Sumatera Utara
  • Suryadi STIT Batu Bara Sumatera Utara
  • Zalina Syafitri STIT Batu Bara Sumatera Utara
  • Muhammad Husni STIT Batu Bara Sumatera Utara
  • Sri Titin Artini Br Hutagaol STIT Batu Bara Sumatera Utara
  • Erwan Efendi STIT Batu Bara Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui  “Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran di Mis Kholijah Mukhtar II”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil belajar pembelajaran pada siswa. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan pedoman studi dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan (1) guru telah membuat perencanaan pembelajaran di kelas 4 MIS Kholijah Mukhtar II terbukti guru sudah menyebutkan tujuan pembelajaran dalam RPP;  menyusun bahan ajar secara berurutan, kontekstual dan logis;  merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif;  dan memilih sumber belajar atau media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan metode Pembelajaran.  (2) Guru telah melakukan proses pembelajaran di kelas 4 MIS Kholijah MukhtaR II.  Hal ini dibuktikan guru sudah memulai pembelajaran dengan efektif, menguasai materi pelajaran, menerapkan pendekatan atau metode pembelajaran yang efektif, memanfaatkan sumber atau media pembelajaran dalam pembelajaran, memotivasi dan membina keterlibatan siswa dalam pembelajaran, menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran, mengakhiri  dengan belajar yang efektif.  (3) Guru telah melakukan penilaian siswa kelas 4 MIS Kholijah Mukhtar II.  Hal ini terbukti guru sudah merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik, menggunakan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik serta memanfaatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang hasil belajarnya, kemajuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000).

Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

Jejen Musfah, Redesain Pendidikan Guru Teori Kebijakan dan Praktik. (Jakarta: Prenada MediaGroup, 2015).

Isjoni, Gurukah Yang dipersalahkan (Menakar Posisi Guru di Tengah Dunia Pendidikan Kita), (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2006).

Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Downloads

Published

09/08/2023

How to Cite

Dina Mauliya, Suryadi, Zalina Syafitri, Muhammad Husni, Sri Titin Artini Br Hutagaol, & Erwan Efendi. (2023). KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS 4 MIS KHOLIJAH MUKHTAR II. Al Ittihadu, 2(2), 153–160. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/view/81

Issue

Section

Articles