ANALISIS BAHASA IBU TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PERKEMBANGAN ANAK MI/SD

Authors

  • Fathiyah Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Bella Silvia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nursaida Siagian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Hatami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Tarmizi Hasibuan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,a Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peranan bahasa ibu dalam mengajar Bahasa Indonesia dan mengembangkan keterampilan anak di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini sangat penting karena bahasa ibu berperan besar dalam proses belajar dan perkembangan anak. Pendekatan kualitatif digunakan dalam metode penelitian dengan mengadakan wawancara dan observasi terhadap guru Bahasa Indonesia, orang tua, dan anak-anak di beberapa MI/SD. Data yang terkumpul dianalisis melalui proses pengkodean dan tema utama diidentifikasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa bahasa ibu memiliki peranan penting dalam mengajar Bahasa Indonesia dan mengembangkan keterampilan anak di MI/SD. Hasil utama penelitian ini adalah bahwa bahasa ibu menjadi pendukung utama dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahasa ibu memiliki dampak signifikan dalam mengajar Bahasa Indonesia dan mengembangkan keterampilan anak di MI/SD. Guru dan orang tua harus memperhatikan peranan bahasa ibu sebagai sumber daya yang berharga dalam memfasilitasi proses pengajaran dan pengembangan bahasa anak. Untuk meningkatkan pengajaran Bahasa Indonesia, MI/SD harus menciptakan lingkungan yang mendukung penggunaan bahasa ibu sebagai alat bantu pengajaran yang efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (PMB-BBI). Lembar kerja November 2014.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, A. (1990). Pengantar semantik bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Efosu, et.al. (2011). MotherTongue Usage In Ghanian Pre-schools; Perceptions Of Parents And Teacher. Jurnal Of education And Practice, 6 (34), 18-19.

Hoff, E. (2013). Interpreting the early language trajectories of children from low-SES and language minority homes: Implications for closing achievement gaps. Developmental psychology, 49(1), 4.

Indrawati, Sri dan Santi Oktarina. 2005. “Pemerolehan Bahasa Anak TK: Sebuah Kajian Fungsi Bahasa.” Lingua, 7 (1): 21.

Kurniawan, E. (2017). Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-8.

Lusia Florida Dhiu, dkk. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa (2023). Vol 9 No. 1

Maulana, R. (2021). Bahasa ibu sebagai transisi pembelajaran siswa kelas awal di provinsi NTT.

Nugraha, Wawan, & Fauziya, 2018). Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Pidato Persuasif (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Volume 2 Nomor 3, Mei 2019

Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak). (2021). Penggunaan bahasa ibu untuk meningkatkan literasi dasar di kelas awal sekolah dasar. Risalah Kebijakan Nomor 9, Juli 2021.

Republika. (2022). Penggunaan bahasa ibu berkontribusi pada capaian siswa.

Sinolungan. (2001). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Manado: Universitas Manado.

Sitohang, M. (2018). Penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar di kelas rendah sekolah dasar di kota Palangkaraya. Palangkaraya: Balai Bahasa Kalimantan Tengah.

Sugiyanti, S. (2021). Perkembangan Bahasa Fonetik dan Sintaksis Anak Usia Dini (Usia 3-4 Tahun). Jurnal Kualita Pendidikan , 2 (2), 124-130.

Sukitno, M. (2014). Menuju Pendidikan Bermutu. Jakarta : Bumi Aksara.

Taman Bacaan Pelangi. (2020). Peran bahasa ibu dalam membantu anak lancar membaca.

Trianto.(2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta : Kencana.

Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa sastra Indonesia), 1(5), 713-720.

Widodo, Ginanjar. (20210). Pengubahan Bahasa Ibu Sebagai Alat Komunikasi Pengantar Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1 (1).

Downloads

Published

07/11/2023

How to Cite

Fathiyah Andini, Bella Silvia, Nursaida Siagian, Muhammad Hatami, & Ahmad Tarmizi Hasibuan. (2023). ANALISIS BAHASA IBU TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PERKEMBANGAN ANAK MI/SD . Al Ittihadu, 2(1), 100–110. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/view/77

Issue

Section

Articles