BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTSN 1 RANTAUPRAPAT

Authors

  • Rasyid Ridho Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Maulana Hasan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ridho Ardiansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Layanan; Bimbingan; Konseling.

Abstract

Guru Pembimbing atau konselor sekolah/madrasah adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan konseling disekolah/madrasah secara sadar terhadap perkembangan kepribadian dan kemampuan peserta didik baik dari aspek jasmani maupun rohani agar peserta didik mampu hidup mandiri dan memenuhi berbagai tugas perkembangannya sebagai makhluk Allah disamping makhluk individu dan makhluk sosial, susila, beragama, dan berbudaya. Konseling adalah upaya membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli agar konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga konseli merasa bahagia dan efektif perilakunya. Bimbingan Konseling berada dalam posisi kunci dalam sebuah lembaga pendidikan, yaitu institusi sekolah sebagai pendukung maju atau mundurnya mutu pendidikan. Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya terbatas kepada bimbingan yang bersifat akademik tetapi juga bimbingan pribadi, sosial, intelektual, dan pemberian nilai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zuchri. 2021. Metode penelitian kualitatif. cv. Syakir media press.

Hellen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Prayitno. 2005. Konseling Perorangan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil. Jakarta: Ghalia, 1995.

Achmad dkk.. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Abdulsyani. 1994. Sosiologi Skematika: Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurihsan, Achmad Junita Nurihsan. 2006.

Downloads

Published

06/09/2023

How to Cite

Rasyid Ridho Siregar, Maulana Hasan, & Ridho Ardiansyah. (2023). BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTSN 1 RANTAUPRAPAT. Al Ittihadu, 2(1), 22–32. Retrieved from https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/view/66

Issue

Section

Articles